13 Hal Yang Akan Membahayakan Otak Kamu

30 Sepember 2017

|

Mens Republic

|

Lifestyle

Sama seperti organ tubuh kita yang lain, otak kita bisa menderita berbagai faktor dan salah satu masalah yang bisa dialami oleh otak adalah otak yang mengecil atau otak yang mengalami penyusutan. Ada beberapa kebiasaan yang kita anggap sepele, yang ternyata bisa menyebabkan volume otak kita menyusut, antara lain :

1. Kurang komunikasi

Menurut sebuah studi dari University of Michigan, mengatakan bahwa dengan melakukan komunikasi selama 10 menit per hari akan meningkatkan kemampuan mental. Kamu hanya cukup berkomunikasi dengan teman atau saudara kamu untuk merangsang otak kamu dan menghindari penyusutan otak.

2. Mengkonsumsi gula secara berlebihan

Kekurangan asupan gula memang tidak baik untuk kesehatan, tetapi mengkonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak gula juga dapat berbahaya untuk tubuh, terutama otak kita. Terlalu banyak mengkonsumsi gula akan menyebabkan komplikasi rusaknya pembuluh darah di otak sehingga membuat otak menyusut. Penyandang diabetes mengalami penyusutan otak lebih cepat di daerah hipokampus, yang merupakan tempat penyimpanan memori.

3. Kurangnya latihan otak

Menurut para ilmuwan, puncak produktivitas otak pada manusia adalah yang berusia 16-25 tahun, lebih dari usia tersebut, produktivitas otak akan menurun secara perlahan. Namun, penelitian ekstensif telah menemukan bahwa dengan ltaatihan otak secara teratur seperti membaca, memecahkan teka-teki maupun berbagai aktivias lainnya yang melibatkan otak untuk berpikir dapat memperbaiki kinerjanya secara signifikan.

4. Sering melewatkan sarapan

Salah satu waktu ideal untuk makanan adalah sarapan di pagi hari. Fungsinya adalah untuk menutrisi otak dengan glukosa yang seimbang agar kita bisa beraktifitas dengan baik. Jika kita sering melewatkan sarapan, otomatis otak kita akan kekurangan glukosa sehingga kemampuan otak akan menurun.

5. Makanan cepat saji

Makanan instan memiliki dampak buruk terhadap kesehatan termasuk otak. Jadi sebaiknya sebisa mungkin untuk menghindari makanan tersebut.

6. Es krim

Setiap makanan dingin, termasuk es krim, bisa menyebabkan sakit kepala mendadak. Dipercaya bahwa makanan dingin menyempitkan pembuluh darah. Tubuh mencoba mencegah hipotermia, mengirimkan darah hangat ke otak. Yang pada gilirannya, melebarkan pembuluh darah. Inilah perbedaannya dan bahaya akan es krim terhadap otak.

7. Ponsel

Sebuah studi menunjukkan adanya hubungan antara kanker otak dan peggunaan ponsel. Dokter menyarankan untuk menggunakan speaker atau headset untuk melakukan panggilan melalui ponsel dan tidak meletakkan telepon di dekar bantal saat tidur.

8. Menutupi kepala saat tidur

Saat kamu menutupi kepala dengan bantal atau seprei, akan ada penumpukan oksigen dan karbondioksida di sekitar area kepala. Bila kedua gas terkonsentrasi di satu daerah, maka akan menyebabkan efek merusak otak.

9. Dehidrasi

Seperti yang sudah diketahui bahwa otak manusia adalah 70-80% air. Selain itu, air bertanggung jawab atas penyampaian zat yang dibutuhkan ke otak. Otak bekerja paling efektif bila tidak kekurangan H2O.

10. Alkohol

Alkohol terbukti dapat memperngaruhi kinerja otak, menyebabkan kesulitan saat berjalan, penglihatan kabur, bicara ngelantur, memperlambat respon otak dan gangguan ingatan.

11. Merokok

Salah satu kebiasaan buruk dalam menyumbang kerusakan otak yaitu merokok. Kebiasaan ini menyebabkan penyusutan otak dan pemicu penyakit Alzheimer di kemudian hari.

12. Kurang olahraga

Kebiasaan buruk yang lain di antaranya adalah jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Menurut sebuah penelitian, latihan fisik memiliki efek menguntungkan pada sintesis BDNF yang bagus buat memori jangka panjang.

13. Diet ketat

Ternyata selama diet, bukan hanya tubuh yang menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan gizi akibat diet ketat dapat menyebabkan terjadinya penyusutan otak.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat membahayakan otak kamu. Jika kamu merasa sering melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut, segera perbaiki dan menghindarlah sebelum terlambat. Semoga bermanfaat!