Akhirnya Terungkap! Tips Diet Tanpa Olahraga

Senin, 29 Januari 2018

|

Mens Republic

|

Lifestyle

Sebagian besar dari kita ingin langsing dan bugar, bermacam-macam diet yang ekstrim dan menyiksakan telah kita coba dan hasilnya cukup cepat dan memuaskan untuk sementara waktu. Namun pengaruhnya hilang dengan cepat setelah kita kembali ke pola makan atau diet yang biasa. Selain itu, dengan irama hidup kita dan semua pekerjaan, studi, dan beberapa tugas kita, kita hampir tidak dapat memikirkan untuk berolahraga. Men’s Republic akan mengupas beberapa tips diet tanpa olahraga khusus buat kamu yang memiliki waktu yang sangat terbatas untuk melakukan kegiatan olahraga.

Minum air putih

Mengonsumsi air putih atau mineral bukan hanya baik untuk metabolism dan konsentrasi, tapi juga berat badan. Bila kamu sering dengar diet air putih, sebenarnya ini adalah sebuah aktivitas rutin yang bisa berdampak baik untuk mengurangi konsumsi air perasa. Rasa lapar tidak melulu disebabkan karena kita perlu makan namun juga karena sedang stress atau ingin mengonsumsi sesuatu yang manis. Kondisi ini bisa disiasati dengan memilih minum air putih. Saat kita ingin minuman yang manis dan berkalori tinggi, gantilah dengan air putih.

Gunakan sumpit dan piring kecil

Untuk menghindari terlalu banyak memikirkan ukuran porsi kamu, ambil piring yang lebih kecil, dan makanlah hanya jumlah makanan yang secukupnya. Dan gunakanlah sumpit untuk memperlambat kamu menghabiskan makanannya. Dengan ini akan membantu kamu merasa kenyang dengan jumlah makanan yang sedikit.

Tidur yang tepat

Tidur diyakini cara alami untuk melepaskan pikiran setelah kerja keras dan kelelahan. Pentingnya tidur tidak bisa disepelekan, khususnya dalam hal untuk memicu penurunan berat badan. Saat kamu sedang tidur, tubuh kamu bekerja untuk mengatur sistem, dan menyembuhkan setiap kerusakan sel yang terjadi. Bahkan sistem pencernaan bekerja keras untuk mengolah makanan, metabolism karbohidrat dan memecah lemak. Kurang tidur mengakibatkan perubahan kadar hormone, terutama kortisol dan insulin. Kortisol mengatur gula, lemak, protein, mineral dan metabolism air dan insulin yang bertanggung jawab atas peningkatan gula darah dan penyimpanan lemak. Kurang tidur dapar memicu produksi kortisol, sehingga akan mengarahkan ke peningkatan tingkat insulin yang membuat penurunan berat badan menjadi lebih sulit. Dengan demikian, tidur malam yang baik dan cukup dapat membantu untuk mengurangi berat badan.

Tidur dalam suhu ruangan yang dingin

Selain membuat kamu tidur lebih nyenyak, suhu ruangan yang dingin juga dapat meningkatkan volume jaringan lemak cokelat dalam tubuhmu, seperti yang diungkapkan oleh sebuah studi pada jurnal Diabetes. Jaringan lemak cokelat merupakan jenis lemak yang dimanfaatkan sebagai sumber energi sekaligus memberi kehangatan bagi tubuh. Karena jaringan lemak ini mudah diubah menjadi energi, kamu tidak perlu khawatir dengan lemak pinggangmu. Lemak di pinggangmu akan lebih cepat hilang.

Menyikat gigi sehabis makan

Kami yakin bahwa kamu sudah melakukannya setidaknya dua kali sehari, jadi tidak akan sulit bagi kamu. Biasakan menyikat gigi setiap habis makan. Itu akan mencegah kamu untuk memakan porsi tambahan lagi. Karena memakan dengan kondisi mulut yang masih memiliki mentol tidak akan enak rasanya. Dan kita cenderung malas menyikat gigi berkali-kali setiap kali makan, kan?

Tertawa

Di samping manfaatnya dalam menjaga kesehatan tubuh, tertawa ternyata juga dapat menurunkan berat badan. Seperti dijelaskan sebelumnya, tertawa mampu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, termasuk kortisol. Kortisol adalah hormone stress yang menstimulasi seseorang untuk makan, menurunkan metabolism setelah makan, dan menyimpan lemak. Dengan tertawa, pengaruh kortisol terhadap tubuh kita pun dapat diminimalkan.

 

Itulah beberapa tips diet tanpa olahraga yang bisa kamu praktekkan kapan saja tanpa latihan beban yang menyiksakan, semoga bermanfaat!