Sosok Sederhana Ini Berhasil Lulus Dari Standford Dan Harvard Sekaligus!

Senin, 17 Juli 2017

|

Mens Republic

|

Success

-

Story

Selalu menjadi yang terbaik, rasanya ini telah menjadi karakter dari sosok gentlemen keren satu ini yaitu Adamas Belva Devara. Sedari kecil ia telah ditanamkan sebuah nilai penting oleh kedua orang tuanya bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting. Walaupun keluarganya berlatar belakang ekonomi sederhana, namun keluarga Belva tidak ragu – ragu untuk selalu mengirim Belva ke sekolah terbaik. Orang tua Belva merasa pendidikan adalah investasi bagi anaknya yang tidak akan rugi. Di sekolah ia selalu menjadi yang terbaik sehingga akhirnya berhasil mendapatkan banyak beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya.

1 Dari 8 Penerima Beasiswa NTU Dari Pemerintah Singapura

Belva mulai menyadari betapa pentingnya pendidikan sejak SMA, apalagi saat itu ia ingin sekolah di luar negeri dan di tempat yang terbaik. Demi mendapatkan beasiswa di luar negeri, saat SMA Belva rela beberapa kali bolos sekolah demi seharian belajar. Dari pagi hingga malam di rumah Belva belajar demi mendapatkan beasiswa di Singapura. Ia bahkan juga membeli banyak sekali buku – buku soal langsung dari Singapura. Selepas SMA, akhirnya Belva berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliahnya di Nanyang Technological University di Singapura. Dari 8 orang yang terpilih dari pemerintah Singapura, Belva adalah salah satunya. Sangat membanggakan tentunya!

Sekolah Di 3 Tempat Sekaligus : Harvard, Standford & MIT!

Belva mengambil double degree untuk S1 nya di bidang business dan computer. Karena mengambil double degree, Belva harus mengambil 1 – 2 mata kuliah lebih dibandingkan teman – teman lainnya. Ia harus bekerja jauh lebih keras dibandingkan yang lain. Setelah lulus S1 dari NTU, Belva kembali mengambil double degree untuk pendidikan S2nya. Namun kali ini Belva mengambil double degree di tempat yang berbeda. Ia bertekad untuk kuliah S2 di universitas terbaik dunia yaitu Harvard dan Standford. Alhasil Belva bekerja keras untuk bisa masuk ke dua universitas tersebut. Ia menyusun strategi begitu detil, mulai dari mencari surat rekomendasi, mencari ilmu dari pengalaman orang Indonesia yang pernah sekolah di sana, sampai mencari kerja di tempat yang mendukung. Hasilnya memuaskan! Belva berhasil diterima di Standford Business School, California, Amerika Serikat jurusan business dan di Harvard Kennedy School, Boston, Amerika Serikat jurusan public policy. Karena jarak California dan Boston yang jauh maka ia menyelesaikan pendidikan di Standford lebih dahulu baru menuju ke Harvard. Satu hal yang bikin kamu makin salut sama Belva men, selama kuliah di Amerika Serikat Belva juga sempat melakukan pertukaran pelajar ke Massachusetts Institute of Technology! 

Membangun Ruang Guru Bersama Partnernya, Iman Usman

Dengan segudang prestasi di dunia pendidikan dan lulus dari universitas – universitas terbaik di dunia, Belva memiliki pilihan untuk berkarier di Amerika Serikat atau negara lainnya. Tidak perlu ditanya men, pastinya gaji Belva akan setinggi langit! Namun tidak disangka, Belva menolak tawaran pekerjaan di luar negeri dan memilih untuk kembali ke Indonesia untuk membangun tanah air. Ia merasa kalau di luar negeri dirinya tidak begitu dibutuhkan karena hanyalah seorang foreigner, sedangkan ia akan lebih dibutuhkan di Indonesia dan dapat berkontribusi serta membuat dampak sosial yang besar begi negaranya tercinta.

Selama berkuliah di Amerika Serikat, Belva bukanlah tipe anak yang kutu buku dan tidak melakukan kegiatan apa – apa. Sosok gentlemen tampan satu ini malah membangun sebuah perusahaan start up bernama RuangGuru.com yang bergerak di bidang pendidikan. Awalnya start up tersebut hanyalah projek sampingan Belva yang dikerjakan bersama seorang partnernya bernama Iman Usman. Walaupun projek sampingan ternyata responnya sangat bagus. User dari RuangGuru.com semakin banyak, dan pada saat bertemu investor hanya dalam waktu 15 menit investor tersebut langsung memutuskan untuk memberikan suntikan dana ke RuangGuru.com. 

Terpilih Sebagai Forbes 30 Under 30 Asia

Setelah selesai kuliah akhirnya Belva dan Iman mereka berdua kembali ke Indonesia untuk serius membangun RuangGuru.com lebih besar. Pada tahun 2017 ini, RuangGuru.com telah menerima 3 round investasi dengan total nilai belasan juta dollar. RuangGuru.com kini juga telah menjadi platform online terbesar yang bergerak di bidang pendidikan. Terakhir, Belva dan Iman selaku Founder RuangGuru.com juga mendapatkan penghargaan paling bergengsi bagi anak muda yaitu Forbes 30 Under 30 Asia dari Forbes Magazine, sebagai salah dua anak muda paling berpengaruh di Asia.

Belva adalah sosok gentlemen luar biasa yang mengajarkan kepada kita bahwa pendidikan yang baik telah menjadikan hidupnya seperti hari ini. Kerja keras, tekun, rasa cinta tanah air, dan ingin memberikan dampak sosial adalah sedikit dari banyak hal yang bisa dipelajari dari sosok Adamas Belva Devara.